KOMUNIKASI DATA AWAL

Komunikasi Data

komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet

Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:

Melalui Infrastruktur Terestrial 

Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).

 

Melalui Satelit 

Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Isu Utama dalam Komunikasi Data

Isu utama dalam komunikasi data melalui sebuah jaringan baik melalui infrastruktur teresterial ataupun melalui satelit antara lain adalah:

  1. Keterbatasan bandwith, dapat diatasi dengan penambahan bandwith.
  2. Memiliki Round Trip Time (RTT) yang terlalu besar, dioptimalkan dengan adanya TCP Optimizer untuk mengurangi RTT.
  3. Adanya delay propagasi untuk akses via satelit, membangun infrastruktur terestrial jika mungkin.
  • MODEL KOMUNIKASI DASAR

Bentuk komunikasi yang paling umum adalah ketika seseorang berbicara kepada orang lain. Proses ini dapat dilukiskan dengan diagram pada gambar berikut. Diagram tersebut adalah model komunikasi dasar, dan dua elemen yang paling penting adalah Sender (pengirim) dan Receiver (penerima). Ketika seseorang berbicara dengan orang lain, pengirim menggunakan pikiran dan suaranya sebagai Coder untuk mengatakan komunikasi atau message (pesan) dalam bentuk yang dapat ditransmisikan. Pesan tersebut harus melewati beberapa jenis pathway (jalan) yang disebut Channel (saluran), untuk mencapai penerima. Pesan verbal yang dikomunikasikan dalam pembicaraan face-to-face berjalan dalam bentuk gelombang suara melalui udara untuk mencapai penerima. Udara adalah saluran., ketika pesan telah sampai pada penerima, ia harus di kode. Telinga dan otak penerima berfungsi sebagai Decoder.

Ketika seseorang berbicara dengan orang lain melalui telepon, telepon pengirim terlibat dalam proses pengkodean, dan jalur telepon berfungsi sebagai saluran dan telepon penerima terlibat dalam pengkodean. Tempat pembicara menggunakan sistem alamat umum sebagai coder untuk menuju kelompok yang besar. Model komunikasi dasar mewakili segala jenis komunikasi dari pengirim ke satu penerima atau lebih.

  • KOMUNIKASI DATA PADA KOMPUTER
Model komunikasi dasar dapat juga berfungsi sebagai dasar untuk diagram yang menunjukkan bagaimana data di komunikasikan oleh komputer. Komunikasi data adalah perpindahan data dan informasi yang terkode dari satu point ke point yang lain dengan menggunakan peralatan elektrik atau elektromagnetik, kabel fiber optik atau sinyal microwave. Istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing, telecommunication, telecom dan datacom.
Gambar di bawah berikut menunjukkan basic data communication schematic (komunikasi data dasar skematis). Ini adalah bentuk komunikasi komputer paling sederhana, satu terminal dihubungkan ke komputer. Diagram ini berbeda dengan model komunikasi dasar yang komunikasinya dapat mengalir dalam dua arah. Terminal dapat berfungsi sebagai pengirim dan komputer sebagai penerima, atau sebaliknya.
Seperti yang terjadi pada komunikasi antar manusia, pesan yang dikomunikasikan dalam jaringan computer harus berjaln melalui saluran (channel). Banyak teknologi yang digunakan dalam channel datacom, namun yang paling umum digunakan adalah sirkuit telepon yang sama dengan yang digunakan untuk komunikasi suara. Circuit (sirkuit) atau Line (jalur) adalah fasilitas transmisi yang memberikan satu channel atau lebih. Sebagai contoh, jalur telepon standart bisa memberikan dua puluh empat channel.
Agar dapat menggunakan sirkuit telepon, pada ujungnya harus diberi peralatan khusus. Peralatan tersebut disebut Modem, singkatan dari modulator-demoduator. Modem mengubah sinyal elektronik dari peralatan komputerisasi (terminal dan computer) menjadi sinyal elektronik dari sirkuit telepon, dan sebaliknya. Para insinyur yang merancang peralatan komputerisasi dan telepon menggunakan cara yang berbeda untuk mengkode data. Data ditampilkan dalam system computer dalam bentuk digital. Karakter dikode dengan menggunakan kombinasi bit yang hanya mempunyai dua kemungkinan kedudukan (keadaan), yaitu on dan off. Sebaliknya, peralatan telepon biasanya menggunakan bentuk signal analog yang menampilkan karakter dengan gelombang listrik dari berbagai frekwensi. Perbedaan nada yang anda dengar ketika akan menekan tombol telepon adalah suara frekuensi dari berbagai digit.
TERMINAL

Macam-macam jenis terminal untuk memasukkan data kedalam computer :
1.       Terminal Keyboard
Terminal keyboard ada dua jenis yaitu terminal yang menampilkan output pada layar dan terminal yang mencetak output pada kertas. Terminal yang menggunakan tampilan layar adalah  CRT atau VDT. Terminal yang menghasilkan output dalam bentuk kertas disebut terminl hard copy atau terminal teleprinter. Terminal hard copy sebenarnya adalah printer karakter mikrokomputer yang mempunyai keyboard. Teknologi dot matriks dan daisy wheel yang digunakannya.
Terminal keyboard tak asing lagi bagi para manajer. Keyboard digunakan untuk meminta laporan, membuat query database, melakukan dialog dengan model matematis dan expert system, dan menerima pengiriman elektronik. Kelebihan utama terminal hardcopy adalah ia memberikan record yang permanen. Manajer dapat meminta hardcopy darinya bila ia menerakan system fisik, untuk digunakan sebagai signal untuk mengamati aktivitas. Manajer juga dapat menggunakan hardcopy untuk keperluan meeting dalam memecahkan masalah. Kelebihan utama CRT adalah penampilannya yang cepat, kemampuan beberapa CRT antara lain dapat menampilkan output berwarna dan bentuk grafik yang menambah kepopulerannya.
2.       Telepon Tombol
Telah dijelaskan sebelumnya bagaimana computer yang diperlengkapi dengan peralatan respon audio dapat mentransmisi pesan, sehingga pemakai dapat mendengarkannya pada telepon. Tombol tekan digunakan untuk mentransmisi data dan instruksi ke dalam computer. Sebagai contoh, manajer dapat mengecek keadaan bahan mentah yang tinggal sedikit selagi ia adalam perjalanan pulang dari kantor. Manajer dapat menggunakan telepon seluler guna meminta informasi dari database untuk menentukan status stok.
3.       Terminal Point of Sale
Terminal POS digunakan dalam supermarket dan took pengecer yang lain, seperti department store. Terminal ini dilengkapi alat untuk memasukkan data transaksi kedalam database selagi terjadinya pembelian. Terminal tersebut memungkinkan database merefleksikan status perusahaan pada saat itu.
4.       Terminal koleksi data
Ketika masa mesin kartu berlubang masih digunakan oleh computer, sebuah jenis terminal dirancang untuk oleh pekerja pabrik. Terminal ini disebut data collection terminal (terminal koleksi data), ia digunakan dalam laporan hadir dan laporan pekerjaan. Attendance reporting (laporan hadir) dilakukan dengan mencatatkan waktu masuk ketika anda dating dan mencatatkan waktu keluar ketika anda pulang. Job reporting (laporan pekerjaan) mencakup pencatatan mulainya waktu kerja produksi dan pencatatan berakhirnya waktu produksi.
Terminal koleksi data sekarang ini diberi fasilitas OCR wand, badge, reader, dan keyboard. OCR wand dapat digunakan untuk membaca karakter dari dokumen yang dibawa oleh pekerja yang bergerak sepanjang gedung, sehingga memudahkan pembuatan laporan kerja. Badge reader membaca data yang dicatat pada badge pekerja yang berbentuk lubang atau bit pada strip magnetis, sehingga memudahkan laporan hadir.
Terminal pengumpulan data sekarang ini juga digunakan pada selain area manufaktur. Anda mungkin dapat menjumpainya di perpustakaan ketika anda mencari buku. Tenaga perpustakaan menggunakan OCR wand untuk membaca karakter penanda pada buku dan ID card anda. Seperti pda terminal POS, terminal koleksi data juga memungkinkan pekerja dapat mengkomunikasikan data kedalam database yang menjelaskan apa yang sedang terjadi dalam perusahaan.
5.       Terminal Remote Job Entry
Jika diperlukan untuk mengumpulkan dan menerima volume data yang besar pada satu lokasi, maka terminal khusus yang disebut terminal remote job entry dapat digunakan. Terminal RJE bisa terdiri dari unit punched card reading yang dapat membaca kartu dengan kecepatan berates-ratus baris per menit. Terminal RJE dapat digunakan di kantor cabang untuk mengkomunikasikan data pada cabang ke computer kantor pusat dan menghasilkan informasi printout yang ditansmisikan dari kantor pusat. Terminal RJE digunakan secara batch dan oleh karenannya ia kurang terkenal, karena penggunaan terminal sekarang ini penekanannya pada pemrosesan online.
6.       Terminal tujuan khusus
Mungkin anda pernah memperhatikan terminal seperti cash-register di tempat Mcdonald, took donat dan kafetaria. Terminal tersebut biasanya dilengkapi dengan sejumlah tombol. Tiap tombol untuk satu item penjualan. Anda membeli Big Mac, ayam goring porsi kecil dan Coke kecil maka penjual akan menekan tiga tombol tersebut. Terminal seperti itu disebut Special purpose terminal (terminal tujuan khusus) yang dirancang untuk tujuan tertentu.
Contoh yang tepat dari terminal tujuan khusus ini adalah terminal tangan FED EX SUPER TRACKER dari federal express. Jika seorang kurir mengangkat paket, kode zip tujuan dimasukkan ke dalam keyboard. SUPER TRACKER kemudian menggunakan microprocessor dan ROM-nya untuk menentukan rute terbaik ke tujuan dan menampilan kode perotasian. Kuris membaca kode dan menuliskannya ke paket. Ketika kurir mengantar paket ke gudang federal express local maka pekerja dapat dengan mudah menyortirnya kedalam kelompok berdasarkan kode yang ada. SUPER TRACKER mengurangi tugas pekerja dalam menentukan rute tujuan.
Ketika kurir federal express mengantarkan paket, SUPER TRACKER secara optis meneliti kode bar yang ada pada paket. Kurir kemudian menuliskan inisial dan nama belakang dari penerima. SUPER TRACKER kemudia memasukkan tanggal dan waktu. Ketika kurir kembali ke truk pengangkut SUPER TRACKER diarahan ke terminal yang satunya, terminal pada truk kemudian mentransmisikan data melalui microwave ke computer wilayah (mereka tersebar di 150 wilayah di AS, LONDON dan HONGKONG). Komputer wilayah mentransmisikan data ke computer sentral di Memphis. Dalam waktu dua menit setelah paket dikirimkan, computer di Memphis telah mempunyai record atau catatan transaksinya. Sistem federal express merupakan contoh yang bagus mengenai cara sebuah perusahaan menelusuri arus sumber secara global dalam waktu riil.
Terminal Intelligent dan Dumb
Jika terminal hanya dapat mengirim dan menerima data, ia dianggap sebagai dumb terminal (terminal dumb). Jika sebuah terminal mempunyai kemampuan tambahan untuk menjalankan beberapa jenis pemrosesan, ia disebut intelligent terminal (terminal pintar). Kepintaran ini karena didukung oleh microprosesor dan banyak kita temui bahwa terminal tersebut sebenarnya adalah mikrokomputer. Dari segala jenis terminal diatas kecuali telepon tombol, dapat berupa terminal intelligent atau terminal dump.
Bagi pemakai terminal merupakan bagian paling penting dari jaringan datacom. Ia adalah unit yang ia lihat dan gunakan. Semua peralatan lain ada di balik lyar, pemakai menganggap terminalnya sebagai sitem. Namun demikian, jika jaringan yang ada tidak dapat mengurus lalu lintas datacom, maka tenggang waktu untuk menunggu respon computer akan menjadi terganggu. Bila merancang jaringan datacom, sebaiknya spesialis informasi mengatur atau menyusun hardware dan software yang memadai untuk dapat mengurus volume lalu lintas datacom.
Modem
Perusahaan komunikasi seperti AT&T dan GTE disebut common carrier (perusahaan umum) karena mereka memberikn fasilitas kepada masyarakat umum. Common carrier menggunakan berbagai macam teknologi untuk melakukan transmisi pesan. Teknologi yang lama menampilkan data dalam bentuk analog sementara teknologi yang lebih baru menggunakan cara digital. Namun demikian, walaupun signal digital digunakan modem masih diperlukan untuk membentuk signal untuk transmisi.
Modem dirancang untuk beroperasi pda kecepatan tertentu, yang biasanya 300, 1200, 2400, 4800, 9600 bit per detik, dan lebih. Kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi pesan.
Kendala Komunikasi Data
a)      Waktu tanggap system
Adalah ukuran kecepatan operasi Sistem. Pada Sejumlah Sistem, waktu tanggap yang cepat merupakan hal yang sangat penting.
Misalnya ATM. Dalam pengambilan uang lewat ATM dimana saat pemakai mengetik nomor identifikasi dan mengisikan jumlah uang yang akan diambil, pemakai pasti mengharapkan agar mesin ATM memberikan tanggapan dalam waktu singkat.
b)      Throughput
Adalah ukuran beban dari sistem tersebut berupa presentase waktu yang diperlukan dalam mengirim sejumlah pesan melewati sambungan komunikasi data. Keluaran dari sistem harus setinggi mungkin agar pemakaian jalur dan terminal yang sangat mahal dapat diperoleh secara maksimum. Terminal-terminal harus dapat dioperasikan semudah mungkin untuk mengurangi faktor kesalahan manusia dan juga mempertinggi kecepatan operasi.
c)       Manusia
Faktor manusia sangat penting diperhatikan. Khususnya di situasi terminal sering dipakai oleh pengguna yang tidak terlatih seperti mesin ATM.
Kebanyakan jaringan komputer mempunyai sebuah komputer pusat/pengolah pusat (CPU) yang biasanya berupa sebuah komputer mainframe yang dihubungkan dengan sejumlah terminal atau komputer yang lain. Untuk komunikasi antar terminal yang saling berdekatan, dapat digunakan jaringan area lokal (Local Area Network=LAN).
Untuk komunikasi antar terminal yang letaknya lebih jauh, dapat digunakan dedicated circuit, switched circuit melalui Jaringan Telepon Umum (PSTN), Jaringan Data Paket Umum (PSDN), Private Network.
-  Dedicated Circuit : Setiap terminal selalu berhubungan ke CPU baik ada atau tidaknya kiriman data.
Switched Circuit : Sambungan fisik antara CPU dan terminal hanya dilakukan saat adanya pengiriman pesan. Saat Pesan diterima, sambungan akan terputus sehingga dapat melayani banyak terminal.
– PSTN (Public Switched Telephone Network) : Adalah jaringan yang pertama kali dirancang untuk pengiriman isyarat suara dimana Komunikasi data jarak jauh dapat diteruskan secara keseluruhan atau sebagian lewat sejumlah kombinasi sambungan teristerial menggunakan kabel koaksial, serat optik, gelombang radio, atau memanfaatkan sistem satelit. Sistem telepon di Inggris menggunakan teknik digital melalui jaringan tetap biasa untuk mengirim isyarat dengan mengkonversi wujud digital menjadi suara melalui bantuan modem.
PSDN (Public Switched Data Network) : PSDN di Inggris disebut Switchstream oleh British Telecom (BT). Adalah jaringan yang menyediakan fasilitas data switching network berkecepatan tinggi sesuai dengan standar X25 dari ITU-T. Pengguna dapat mengatur waktu sambungan antara terminal dan CPU untuk mengirim data.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data

http://hamzahzakaria.wordpress.com/2012/01/06/komunikasi-data/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s