SALURAN TRANSMISI

Macam-macam Saluran Transmisi

 

Saluran transmisi dapat terdiri atas 2 atau 4 kawat. Saluran dengan sepasang kawat dapat membawa informasi untuk 2 arah. Ini dilakukan dengan melakukan pertukaran arah (turn around) setiap selesai melakukan komunikasi yang masing-masing menggunakan sebagian bandwidth pada frekuensi tertentu.

Dalam transmisi 4 kawat digunakan 2 pasang kawat, sepasang untuk menyalurkan data ke system komputer dan sepasang lagi menerima data dari sistem komputer.

Macam-macam Gangguan Saluran Transmisi

Gangguan pada saluran telepon terutama juga digunakan untuk menyalurkan data ada 2 macam golongan besar :

Random

Tidak dapat diramalkan terjadinya. Termasuk dalam jenis ini ialah :

Þ Derau panas (thermal noise)

Disebabkan pergerakan acak electron bebas dalam rangkaian. Berada pada seluruh spectrum frekuensi yang tersedia. Dikenal juga dengan nama derau putih (white noise), derau gaussian dan sebagainya. Tidak dapat dihindari dan biasanya tidak terlalu mengganggu transmisi data, kecuali kalau lebih besar daripada sinyal yang dikirim.

Þ Derau impuls (impulse noise)

Dikenal juga sebagai spikes yaitu teganggan yang tingginya lebih dibandingkan tegangan steady state atau tegangan derau rata-rata. Beberapa sumbernya antara lain perubahan tegangan pada saluran listrik yang berdekatan dengan saluran komunikasi data, perubahan tegangan pada motor, switch untuk penerangan dan sebagainya.

Þ Bicara silang (cross talk)

Gangguan berupa masuknya sinyal dari kanal lain yang letaknya berdekatan. Terjadi pada saluran telepon yang berdekatan atau saluran yang dimultipleks. Bicara saling bertambah jikalau jarak tempuh sinyal makin jauh atau makin besar sinyal atau makin tinggi frekuensinya.

Þ Gema (echo)

Sinyal yang dipantulkan kembali disebabkan perubahan impedansi dalam sebuah rangkaian listrik (misalnya dua kawat yang garis tengahnya berbeda disambungkan). Penekanan gema tidak dapat dipergunakan dalam transmis data melalui saluran voice grade.

Þ Perubahan phasa

Phasa sinyal kadang-kadang dapat berubah dan impulse noise. Phasa dapat berubah dan kemudian kembali normal.

Þ Derau termodulasi (intermodulation noise)

Dua sinyal dari saluran berbeda (intermodulasi) membentuk sinyal baru yang menduduki frekuensi sinyal lain. Intermodulasi dapat terjadi pada transmisi data bila modem menggunakan satu frekuensi untuk menjaga agar saluran sinkron selama data tidak dikirim. Frekuensi ini dapat memodulasi sinyal yang ada pada saluran lain.

Þ Phase jitter

Jitter timbul oleh system pembawa yang multipleks yang menghasilkan perubahan frekuensi. Phasa sinyal ini berubah-ubah sehingga menyebabkan kesukran dalam mendeteksi bentuk sinyal tersebut.

Þ Fading

Terjadi terutama pada system microwave antara lain selective fading yaitu yang disebabkan kondisi atmosfir. Sinyal yang disalurkan mencapai penerima melalui saluran berbagai jalur. Sinyal-sinyal ini kemudian kalau bergabung hasilnya akan terganggu.

Tidak Random (Sistematis)

Terjadinya dapat diramalkan dan diperhitungkan. Termasuk didalamnya :

Þ Redaman

Tegangan suatu sinyal berkurang ketika melalui saluran transmisi disebakan daya yang diserap oleh saluran transmisi. Redaman tergantung pada frekuensi sinyal, jenis media transmisi dan panjang saluran. Redaman tidak sama besarnya untuk semua frekuensi.

Þ Tundaan

Sinyal umumnya terdiri atas banyak frekuensi. Masing-masing frekuensi tidak berjalan dengan kecepatan yang sama hingga tiba di penerima pada waktu yang berlainan. Tundaan yang terlalu besar sehingga menimbulkan kesalahan pada waktu transmisi data. Tidak merupakan gangguan yang serius bagi transmisi suara tetapi menyebabkan kesalahan pada transmisi data.

 

SUMBER:http://flowlifestyle.wordpress.com/2011/04/10/pola-kendala-pada-transmisi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s