MEDIA PENGHANTAR SISTEM TRANSMISI



Media penghantar Sistem transmisi

Media penghantar Sistem transmisi

Ada beberapa Media penghantar Sistem transmisi yaitu :

    1. Tembaga

Peralatan transmisi yang terbuat dari tembaga saat ini paling banyak digunakan. Tembaga merupakan penghantar yang baik sehingga sampai saat ini tembaga sebagai media transmisi yang banyak dipakai baik didalam ruangan/gedung maupun diluar gedung.

    1. Wireless LAN

Teknologi nirkabel digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer dan media komunikasi. Wireless saat ini berkembang sangat pesat, selain teknologinya semakin murah, juga membuat peralatan tersambung dengan baik tanpa adanya kerumitan kabel.

    1. Fiber Optik

Fiber Optik merupakan media transmisi yang banyak digunakan saat ini terutama untuk luar gedung dan jarak yang relative jauh. Untuk menghubungkan infrakstruktur antarpulau saat optic ditanamkan didasar laut. Dan saat ini penggunaan tembaga untuk diluar gedung sudah mulai diganti dengan fiber optic. Kelebihan fiber optic dibandingkan dengan tembaga terletak kepada hambatannya relative kecil, sehingga data yang dikirimkan tidak banyak yang berkurang. Sinyal yang dilewatkan juga adalah sinyal digital sehingga lebih simple perangkatnya.

    1. Bluetooth

Saat ini sudah banyak alat komunikasi yang dikembangkan dan menanamkan teknologi Bluetooth didalamnya. Bluetooth merupakan gelombang radio jarak pendek yang dapat menghubungkan 2 atau lebih perangkat computer/ komunikasi yang ada. Fungsinya kebanyakan adalah berbagi data.

Teknologi Media Komunikasi akan semakin baik setiap saat, saatnya diujicoba untuk beberapa generasi dan perangkat teknologo yang dibangun.

Seberapa efektif komunikasi data yang terjadi antara 2 alat pada dasarnya dapat dilihat dari 3 hal berikut :

    1. Dalam hal pengiriman data

Harus mampu mengirimkan data ketujuan yang benar
Misalnya : Pengiriman pesan dalam LAN dalam 1 komputer ke computer lain, data yang dikirimkan harus menuju pengguna yang diharapkan.

    1. Dalam hal kesesuaian data

Data yang dikirimkan harus sama persis dengan data yang diterima sehingga pesan tersebut tersampaikan secara benar dan tidak merubah makna. Seringkali masalah yang timbul dalam pengiriman data adalah hilangnya/semakin lemahnya sinyal yang dikirimkan akibat hambatan yang ada dimedia transmisi, sehingga sinyal sampai sebagian atau tidak sampai sama sekali.

    1. Kecepatan pengiriman dan penerimaan data (Trasmisi)

Masalah kecepatan memiliki 2 hal yang menjadi prioritas penting yakni :
Nilai data yang dikirimkan pada saat bersamaan. Selisih waktu dapat menyebabkan kerugian
Misalnya : Teknologi ATM merupakan hal yang penting dalam masalah kecepatan pengiriman dan penerimaan.

Pemanfaatan media secara optimal semakin cepat data yang dilewatkan, maka semakin banyak pula data yang dikirimkan dan sebaliknya semakin lambat prosesnya maka semakin sedikit pula data yang dikirimkan/dilewatkan.

Kendala Komunikasi Data

    1. Waktu tanggap system

Yang dimaksud waktu tanggap system adalah waktu yang dibutuhkan untuk menerima respon dari system atas masukan yang diberikan. Semakin baik waktu tanggap, maka semakin cepat proses yang terjadi, dan pelayanan semakin memuaskan.
Contoh : Mesin ATM dan Proses loading sebuah website

    1. Troughput

Merupakan beban dari system tsb berupa persentase waktu yang diperlukan dalam pengiriman sebuah pesan melewati sambungan komunikasi data.

    1. Manusia

Faktor manusia sangat penting diperhatikan, khususnya mengenai keterlatihan manusia menggunakan komunikasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s